tips milih baju buat hiking

hello!
ketemu lagi nih sama dakuu :)
kali ini sesuai janji di artikel sebelumnya, aku bakal ngebahas tetang baju dan jenis kain yang recomended buat ndaki gunung
kenapa milih baju penting? karena salah milih baju bisa bikin kamu tersiksa selama perjalanan (aah elaaahh alayy... wkwkwk)
tapi seriously, ini penting banget aku rasa
cukup aku aja yang masuk angin dan kelimpungan gegara salah pilih bahan baju (dasar lemah, kek orang tua gampang masuk angin hahahaaha)

oke langsung aja niih, ini beberapa jenis baju yang bisa kamu pakai pas nggunung:
1. baju berbahan jersey
baju dengan bahan jersey recomended banget buat dipakai pas perjalanan pendakian. karena baju jenis ini ngga nyerap keringat dan cepat kering, jadi kamu ga perlu khawatir masuk angin gegara baju basah. terus nih, misal kamu beruntung ngecamp di tempat yang deket sumber air, kamu juga bisa nyuci bajumu biar ga bauk wkwkwk so besoknya itu baju bisa kamu pake lagi pas perjalanan (hemat baju toh? memperingan beban hidup #eeh )
2. baju berbahan polyester
sama seperti baju berbahan jersey, baju berbahan polyerster juga recomended buat perjalanan. baju jenis ini juga cepet kering dan ga nyerap keringat, namun baju berbahan polyester seringkali lebih panas kalau dipake. so, pertimbangkan baju jenis apa yang sekirannya lebih nyaman kamu pake buat perjalanan. soal baju berlengan panjang atau pedek, senyamannya aja sih, cuman kalau saranku mending baju lengan panjang, biar itu lengan ngga gosong pas pulang hihihi (dasar perempuan yaak ahahah)
3. baju berbahan kaos denim
naah baju berbahan kaos denim emang bahan paling nyaman yaaa.. cuman kalau pas kamu perjalanan ndaki gunung, kaos jenis ini perlu kamu pertimbangkan untuk dipake. karen baju berbahan ini cenderung nyerap keringat dan susah kering, so buat kamu yang gampang masuk angin bisa dipastikan kamu bakal tersiksa (duuhh alay lagi wkwkwkwk). yyaa kalau ngga percaya dicoba aja sih, tapi resiko ditanggung sendiri yaak hehehehe..
terus kenapa baju berbahan kaos direkomendasiin?
bentaar... sabaar duluuu.. belum selesai ini ngetiknya hehehehe.. oke, kenapa baju berbahan jenis ini direkomendasiin? baju ini nyaman banget kalau dipake tidur. naah kaan kejawab toh sekarang :) baju berbahan kaos denim juga bisa mempertahankan suhu tubuh, jadi kalau pas malem ngga kedinginan  (asal pake jaket loh yaaa, kalau ngga pake jaket ttp aja dingin cyyynn)
4. Celana training
setelah bahas baju, kali ini kita ganti bahas celana. ini penting banget karena kamu ga mungkin ke gunung tanpa celana wkwkwkwk. oke lanjut, celana yang paling umum dan nyaman dipake ya calana training atau celana olah raga. Kalau aku prefer celana berbahan parasut. Selain karena murah, celana dengan bahan ini juga nyerap keringat serta cepet kering, dan yang ngga kalah penting mudah dicuci dan dibersihkan wkwkk, karena kalau naik gunung kan udah pasti kotor kena tanah dan repot nyucinya hehe. Kain jenis parasut ini emang agak panas sih, jadi jari yang doble layer, biasanya layer yang bagian dalam jenisnya kain yg kayak jaring-jaring gitu, adem juga kalau ke kulit.
5. celana kantong khusus hiking
Sebenarnya celana hiking sekarang udah banyak beredar di pasaran dengan berbagai model, merk, dan harga. Namun jika dibanding dengan celana biasa memang harganya sedikit lebih mahal, karena bahannya pun biasanya lebih bagus dan kuat, cocok untuk kegiatan outdoor. Kalau untuk celana hiking, aku sarankan pilih celana yang punya banyak kantong biar bisa simpan camilan atau sekedar minum di saku celana.


Tulisan ini ditulis berdasarkan pengalamanku yang ngga seberapa yaa.. Beda orang mungkin juga beda kondisi. Tapi semoga membantu teman-teman yang baru pertama kali mendaki hehe. Prinsip utama dari pemilihan baju adalah: nyaman dan ga bikin repot. Udah itu aja
See you di tulisan berikutnya
Cheers




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rinai

Perihal Pulang

Terus kita gimana?